Friday, 16 December 2016

Konsep dan Teori Negara dan Globalisasi



KONSEP  DAN  TEORI  NEGARA  DAN  GLOBALISASI

PENDAHULUAN
Negara  adalah  suatu  wilayah  di  permukaan  bumi  yang  kekuasaannya  baik  politik, militer,  ekonomi,  sosial  maupun  budayanya  diatur  oleh  pemerintahan  yang  berada  di wilayah  tersebut.  Negara  juga  merupakan  suatu  wilayah  yang  memiliki  suatu  sistem  atau  aturan  yang  berlaku  bagi  semua  individu  di wilayah  tersebut,  dan  berdiri  secara  independent.
 Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang mempunyai rakyat dalam suatu wilayah  tersebut,  dengan  sejumlah  orang  yang  menerima  keberadaan  organisasi  ini.  Syarat lain  keberadaan  Negara  adalah  adanya  suatu  wilayah  tertentu  tempat  Negara  itu  berada.  Hal  lain  adalah  apa  yang  disebut  sebagai  kedaulatan,  yakni  bahwa  Negara  diakui  oleh warganya  sebagai  pemegang  kekuasaan  tertinggi  atas  diri  mereka  pada  wilayah  tempat Negara  itu  berada.
 Adapun  Negara  Federal  adalah  suatu  Negara  yang  terdiri  dari  beberapa  Negara  bagian  (deelstaten)  yang  masing-masing  tidak  berdaulat  biasa  juga  disebut  sebagai  negara serikat  (boomstaat).  Dan  Negara  konfederasi  (statebond)  pada  hakikatnya  bukanlah  negara, tetapi  merupakan serikat atau perkumpulan masing-masing negara merdeka. Ikatan perkumpulan tersebut, bisa karena kepentingan bersama atau karena perkembangan sejarah, contohnya  adalah  Commonwealth.
 Globalisasi  adalah  suatu  proses  menjadikan  sesuatu  (benda  atau  perilaku)  sebagai ciri  dari  setiap  individu  di  dunia  ini  tanpa  dibatasi  oleh  wilayah  Globalisasi  belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung  dari  sisi  mana  orang  melihatnya.  Ada  yang  memandangnya  sebagai  suatu proses  sosial,  atau  proses  sejarah,  atau  proses  alamiah  yang  akan  membawa  seluruh bangsa  dan  negara  di  dunia  makin  terikat  satu sama  lain,  mewujudkan  satu  tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi  dan  budaya  masyarakat.
 Di  sisi  lain,  ada  yang  melihat  globalisasi  sebagai  sebuah  proyek  yang  diusung oleh  negara-negara  adikuasa,  sehingga  bisa  saja  orang  memiliki  pandangan  negatif  atau curiga  terhadapnya.  Dari  sudut  pandang  ini,  globalisasi  tidak  lain  adalah  kapitalisme  dalam bentuk yang paling mutakhir. Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan mengendalikan  ekonomi  dunia  dan  negara-negara  kecil  makin  tidak  berdaya  karena  tidak mampu  bersaing.  Sebab,  globalisasi  cenderung  berpengaruh  besar  terhadap  perekonomian  dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama. Theodore Levitte  merupakan  orang  yang  pertama  kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.

PEMBAHASAN
1.      Konsep  Negara
A.      Secara  Etimologi  (Bahasa)
Istilah  Negara  merupakan terjemahan  dari  beberapa  bahasa  asing:  state (inggris),  staat (Belanda  dan  Jerman),  atau  etat  (Prancis).
B.      Secara  Therminologi
 Negara  merupakan  suatu  organisasi  di  antara  sekelompok   atau  beberapa  kelompok  manusia  yang  secara  bersama-sama  mendiami  suatu wilayah  (territorial)  tertentu  dengan mengakui  adanya  suatu  pemerintahan  yang  mengurus  tata  tertib  dan  keselamatan  sekelompok  atau  beberapa  kelompok  manusia  yang  ada  di  wilayahnya.  Organisasi  Negara  dalam  suatu  wilayah  bukanlah  satu-satunya  organisasi,  ada  organisasi-organisasi  lain  (keagamaan,  kepartaian,  kemasyarakatan  dan  organisasi  lainnya  yang  masing-masing  memiliki  kepribadian  yang  lepas  dari  masalah  kenegaraan).  Secara  umum  Negara  dapat diartikan  sebagai  suatu  organisasi  utama  yang  ada  di  dalam  suatu  wilayah  karena  memiliki  pemerintahan yang  berwenang  dan  mampu  untuk  turut  campur  dalam  banyak hal dalam   bidang  organisasi-organisasi  lainnya.
C.       Menurut  Para  Ilmuan
Menurut   Roger  H.  Soltau :
Negara  adalah  agen  (agency)  atau  kewewenangan  (authority)  yang  mengatur  atau mengendalikan  persoalan-persoalan  bersama  atas  nama   masyarakat  (The  state  is  an  agency  or  authority  managing  or  controlling  these  (common)  affairs  on  behalf  of  and  in  the  name  of  the  community).
Menurut  Harold  J.  Laski :
            Negara  adalah  suatu  masyarakat  yang  diintegrasikan  karena  mempunyai  wewenang yang  bersifat  memaksa  dan  yang  secara  sah   lebih  berkuasa  daripada  individu  atau kelompok  yang  merupakan  bagian  dari  masyarakat.  Masyarakat  adalah  suatu  kelompok manusia  yang  hidup  dan   kerja sama  untuk  memenuhi  terkabulnya  keinginan-keinginan  mereka  bersama.  Masyarakat  merupakan  Negara  kalau  cara  hidup  yang  harus  ditaati  baik  oleh  individu  maupun oleh  asoiasi-asosiasi  ditentukan  oleh  suatu  wewenang  yang  bersifat  memaksa  dan  mengikat  (The  state  Is  a  society  wich  is  integrated  by  possessing  a  coercive  authority  legally  supreme  over  any   individual   ot   group w ich  is  part  of  the society. A society is a group of  human  beings  living  together  and  working  together  for  the satisfaction  of  their  mutual   wants.  Such  a  society  is  a  state  when the  way  of  live  to  wich  both  individuals  and  associations  must  conform  is  definedby  a  coercive  authority binding  upon  them all )
Menurut  Max  Weber  :
            Negara  adalah  suatu  masyarakat  yang  mempunyai  monopoli  dalam  penggunaan  kekerasan  fisik  secara  sah  dalam  sesuatu  wilayah  (The  state  is  a  human  society  that  (succesfully)  claims  the  monopoli  of  the  legitimate  use  of  physical  force  within  a  given  territory).
Menurut  Robert  M.  Maclver  :
Negara  adalah  asosiasi  yang  menyelenggarakan  penertiban  di  dalam  suatu  masyarakat  dalam  suatu  wilayah  dengan  berdasarkan  sistem  hokum  yang  diselenggarakan  oleh  suatu  pemerintah  yang  untuk  maksud  tersebut  diberi  kekuasaan  memaksa  (The  state  is  an  association  which,  acting  through  law  as  pormulgalted  by  a  government  endowed  to  this  end  with  coercive  power,  maintains  within  a  community  territorially  demarcated  the  universal  external  conditions  of  social  orders).
George  Gelinek
Negara  adalah  organisasi  kekuasaan  dari  kelompok  manusia  yang  berkediaman  dalam  wilayah  tertentu.
Kranenburg
Negara  adalah  suatu  organisasi  yang  timbul  karena  kehendak  dari  satu  golongan  atau  bangsa  sendiri.
Roger  F  Soult
Negara  adalah  alat  (agency)  atau  wewenang  atau  authority  yang  mengatur  atau  mengendalikan  persoalan  bersama  atas  nama  masyarakat.
Carl  Schmitt
Negara  adalah  sebagai  suatu  ikatan  dari  manusia  yang  mengorganisasi  dirinya  dalam  wilayah  tertentu

 Berdasarkan  pendapat-pendapat,  dapat  disimpulkan  bahwa  Negara  adalah  organisasi tertinggi di antara satu kelompok masyarakat yang berfungsi sebagai alat (agency) yang mengatur  atau  mengendalikan  persoalan  bersama  atas nama masyarakat yang mempunyai cita-cita  untuk  bersatu,  hidup  dalam  wilayah  tertentu  dan  mempunyai  pemerintahan  yang berdaulat dengan berdasarkan system  hukum  yang  diselenggarakan  dengan  tujuan  kesenangan  dan  kehormatan  bersama.


2.  TEORI TENTANG  NEGARA
Adapun  beberapa  teori  tentang  terbentuknya  suatu  Negara  yakni  sebagai  berikut:
1.      Teori  kontrak  social  (sociall  contract)  Teori  Perjanjian  Masyarakat
Teori ini beranggapan bahwa Negara dibentuk berdasarkan perjanjian-perjanjian masyarakat. Beberapa pakar penganut teori kontrak sosial yang menjelaskan teori asal-mula Negara, diantaranya:
a.       Thomas  Hobbes (1588-1679)
Menurutnya  syarat  membentuk  Negara  adalah  dengan  mengadakan  perjanjian bersama  individu-individu  yang  tadinya  dalam  keadaan  alamiah  berjanji  akan  menyerahkan semua  hak-hak  kodrat  yang  dimilikinya  kepada  seseorang  atau  sebuah  badan.  Teknik perjanjian  masyarakat  yang  dibuat  Hobbes  sebagai  berikut  setiap  individu  mengatakan kepada  individu  lainnya  bahwa  “Saya  memberikan  kekuasaan  dan  menyerahkan  hak memerintah  kepada  orang  ini  atau  kepada  orang-orang  yang  ada  di  dalam  dewan  ini dengan syarat bahwa saya memberikan hak kepadanya dan memberikan keabsahan seluruh tindakan  dalam  suatu  cara  tertentu.
b.      John  locke (1632-1704)
Dasar kontraktual dan Negara dikemukakan Locke sebagai peringatan bahwa kekuasaan penguasa tidak pernah mutlak tetapi selalu terbatas, sebab dalam mengadakan perjanjian dengan seseorang atau sekelompok orang, individu-individu tidak menyerahkan seluruh  hak-hak  alamiah  mereka.
c.       Jean  Jacques  Rousseau (1712-1778)
Keadaan alamiah diumapamakannya sebagai keadaan alamiah, hidup individu bebas dan sederajat, semuanya dihasilkan sendiri oleh individu dan individu itu puas. Menurut “Negara”  atau  “badan korporatif”  dibentuk  untuk  menyatakan  “kemauan  umumnya” (general will)  dan  ditujukan  pada  kebahagiaan  besama.  Selain  itu  Negara  juga memperhatikan  kepentingan-kepentingan  individual  (particular interest).  Kedaulatannya berada  dalam  tangan  rakyat  melalui  kemauan  umumnya.
2.      Teori Ketuhanan
Negara dibentuk oleh Tuhan dan pemimpin-pemimpin Negara ditunjuk oleh Tuhan Raja dan pemimpin-pemimpin Negara hanya bertanggung jawab pada Tuhan dan tidak pada siapapun. Penganut teori ini adalah Agustinus, Yulius Stahi, Haller, Kranenburg dan Thomas Aquinas.
3.      Teori  Kekuatan
Negara yang pertama adalah hasil dominasi dari komunikasi yang kuat terhadap kelompok yang lemah, Negara terbentuk dengan penaklukan dan pendudukan. Dengan penaklukan  dan  pendudukan  dari  suatu  kelompok  etnis  yang  lebih  kuat  atas  kelompok etnis  yang  lebih  lemah,  dimulailah  proses  pembentukan  Negara.  Penganut  teori  ini  adalah  H.J. Laski, L. Duguit, Karl Marx, Oppenheimer dan Kollikles.
4.      Teori  Organis
Menurut  Dede  Rosyada,  dkk (2005: 54)  mengemukakan  konsepsi  organis  tentang hakikat  dan  asal  mula  negara  adalah  suatu  konsep  bilogis  yang  melukiskan  Negara  dengan  istilah-istilah  ilmu  alam.  Negara dianggap  atau  disamakan  dengan  makhluk  hidup, manusia  atau  binatang  individu  yang  merupakan  komponen-komponen  Negara  dianggap sebagai  sel-sel dari makhluk hidup itu. Kehidupan corporal dari Negara dapat disamakan sebagai  tulang belulang manusia, undang-undang sebagai urat syaraf, raja (kaisar) sebagai kepala  dan  para  individu  sebagai  daging  makhluk  itu.
5.      Teori  Historis
Teori  ini  menyatakan  bahwa  lembaga-lambaga  sosial  tidak  dibuat,  tetapi  tumbuh secara  evolusioner  sesuai  dengan  kebutuhan-kebutuhan  manusia.
6.      Teori kedaulatan hukum
Teori kedaulatan hukum (Rechts souvereiniteit) (Mienu, 2010) menyatakan semua kekuasaan dalam negara berdasar atas hukum. Pelopor teori ini adalah H. Krabbe dalam buku Die Moderne Staats Idee.
7.      Teori Hukum Alam
Filsufgaul (2012)  menuliskan  teori  hukum  alam  yakni  Negara  terjadi  karena kehendak alam yang merupakan lembaga alamiah yang diperlukan manusia untuk menyelenggarakan  kepentingan  umum.  Penganut  teori  ini  adalah  Plato,  Aristoteles, Agustinus,  dan  Thomas  Aquino.



3.  KONSEP GLOBALISASI
  Menurut  asal  katanya,  kata  "globalisasi"  diambil  dari  kata  global,  yang  maknanya ialah universal.  Achmad  Suparman  menyatakan  Globalisasi  adalah  suatu  proses menjadikan  sesuatu  (benda  atau  perilaku)  sebagai  ciri  dari  setiap  individu  di  dunia  ini tanpa  dibatasi  oleh  wilayah  Globalisasi  belum  memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar  definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya.  Ada  yang  memandangnya  sebagai  suatu  proses  sosial,  atau  proses  sejarah, atau  proses  alamiah  yang  akan  membawa  seluruh  bangsa  dan  negara  di  dunia  makin terikat  satu  sama  lain,  mewujudkan  satu  tatanan  kehidupan  baru  atau  kesatuan  ko-eksistensi  dengan  menyingkirkan  batas-batas  geografis,  ekonomi  dan  budaya  masyarakat.
 Di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya.  Dari  sudut  pandang  ini,  globalisasi  tidak  lain  adalah  kapitalisme  dalam bentuk  yang  paling  mutakhir.  Negara-negara  yang  kuat  dan  kaya  praktis  akan mengendalikan  ekonomi  dunia  dan  negara-negara  kecil  makin  tidak  berdaya  karena  tidak mampu  bersaing.  Sebab,  globalisasi  cenderung  berpengaruh  besar  terhadap  perekonomian dunia,  bahkan  berpengaruh  terhadap  bidang-bidang  lain  seperti  budaya dan agama. Theodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.
Jan Aart Scholte melihat bahwa ada beberapa definisi yang dimaksudkan orang dengan globalisasi:
  • Internasionalisasi:   Globalisasi  diartikan  sebagai meningkatnya hubungan internasional.  Dalam  hal  ini  masing-masing  negara tetap mempertahankan identitasnya  masing-masing,  namun  menjadi  semakin  tergantung  satu  sama  lain.
  • Liberalisasi: Globalisasi  juga  diartikan  dengan  semakin  diturunkankan  batas  antar negara,   misalnya   hambatan   tarif  ekspor  impor,  lalu  lintas  devisa,  maupun  migrasi.
  • Universalisasi:  Globalisasi  juga  digambarkan  sebagai  semakin tersebarnya hal material  maupun  imaterial  ke  seluruh  dunia.  Pengalaman  di  satu  lokalitas  dapat menjadi  pengalaman  seluruh  dunia.
  • Westernisasi: Westernisasi  adalah  salah  satu  bentuk  dari  universalisasi  dengan semakin  menyebarnya  pikiran  dan  budaya  dari  barat  sehingga  mengglobal.
  • Hubungan transplanetari dan suprateritorialitas: Arti kelima ini berbeda dengan keempat definisi di atas. Pada empat definisi pertama, masing-masing negara masih mempertahankan  status ontologinya. Pada pengertian yang kelima, dunia global memiliki  status  ontologi  sendiri,  bukan  sekadar  gabungan  negara-negara.

4.  TEORI   GLOBALISASI

Cochrane  dan  Pain  menegaskan  bahwa  dalam  kaitannya  dengan  globalisasi,  terdapat  tiga posisi  teoritis  yang  dapat  dilihat,  yaitu:
1.    Para  globalis  percaya  bahwa  globalisasi  adalah  sebuah  kenyataan  yang  memiliki konsekuensi  nyata  terhadap  bagaimana  orang  dan  lembaga  di  seluruh  dunia  berjalan. Mereka  percaya  bahwa  negara-negara  dan  kebudayaan  lokal  akan  hilang  diterpa kebudayaan  dan  ekonomi  global  yang  homogen.  Meskipun  demikian,  para  globalis tidak  memiliki  pendapat  sama  mengenai  konsekuensi  terhadap  proses  tersebut.

2.    Para  globalis  positif  dan  optimistis  menanggapi  dengan  baik  perkembangan  semacam itu  dan  menyatakan  bahwa  globalisasi  akan  menghasilkan  masyarakat  dunia  yang toleran  dan  bertanggung  jawab.


3.    Para  globalis  pesimis  berpendapat  bahwa  globalisasi  adalah  sebuah  fenomena  negatif karena  hal  tersebut  sebenarnya  adalah  bentuk  penjajahan  barat  (terutama  Amerika Serikat)  yang  memaksa  sejumlah  bentuk  budaya  dan  konsumsi  yang  homogen  dan terlihat  sebagai sesuatu yang benar dipermukaan. Beberapa dari mereka kemudian membentuk  kelompok  untuk  menentang  globalisasi  (antiglobalisasi).

4.    Para  tradisionalis  tidak  percaya  bahwa  globalisasi  tengah  terjadi.  Mereka  berpendapat bahwa  fenomena  ini  adalah  sebuah  mitos  semata  atau,  jika  memang  ada,  terlalu dibesar-besarkan. Mereka merujuk bahwa kapitalisme telah menjadi sebuah fenomena internasional  selama  ratusan  tahun.  Apa  yang  tengah  kita  alami  saat  ini  hanyalah merupakan  tahap  lanjutan,  atau  evolusi,  dari  produksi  dan  perdagangan  kapital.
5.    Para  transformasionalis  berada  di  antara  para  globalis  dan  tradisionalis.  Mereka  setuju  bahwa  pengaruh  globalisasi  telah  sangat  dilebih-lebihkan  oleh  para  globalis. Namun,  mereka  juga  berpendapat  bahwa  sangat  bodoh  jika  kita  menyangkal keberadaan  konsep  ini.  Posisi  teoritis  ini  berpendapat  bahwa  globalisasi  seharusnya dipahami  sebagai  "seperangkat  hubungan  yang  saling  berkaitan  dengan  murni  melalui sebuah  kekuatan,  yang  sebagian  besar  tidak  terjadi  secara  langsung".  Mereka menyatakan  bahwa  proses  ini  bisa  dibalik,  terutama  ketika  hal  tersebut  negatif  atau, setidaknya,  dapat  dikendalikan.

Reaksi masyarakat

Gerakan Pro-Globalisasi

 Pendukung  globalisasi  (sering  juga  disebut  dengan  pro-globalisasi)  menganggap bahwa  globalisasi  dapat  meningkatkan  kesejahteraan  dan  kemakmuran  ekonomi  masyarakat dunia.  Mereka  berpijak  pada  teori  keunggulan  komparatif  yang  dicetuskan  oleh  David Ricardo.  Teori  ini  menyatakan  bahwa  suatu  negara  dengan  negara  lain  saling  bergantung dan dapat saling menguntungkan satu sama lainnya, dan salah satu bentuknya adalah ketergantungan  dalam  bidang  ekonomi.  Kedua  negara  dapat  melakukan  transaksi  pertukaran  sesuai  dengan  keunggulan  komparatif  yang  dimilikinya.  Misalnya,  Jepang memiliki  keunggulan  komparatif  pada  produk  kamera  digital  (mampu  mencetak  lebih efesien  dan  bermutu  tinggi)  sementara  Indonesia  memiliki  keunggulan  komparatif  pada produk  kainnya.  Dengan  teori  ini,  Jepang  dianjurkan  untuk  menghentikan  produksi  kainnya  dan  mengalihkan  faktor-faktor  produksinya  untuk  memaksimalkan  produksi  kamera  digital,  lalu  menutupi  kekurangan  penawaran kain dengan membelinya dari Indonesia,  begitu  juga  sebaliknya.

Gerakan  Antiglobalisasi

 Antiglobalisasi adalah suatu istilah yang umum digunakan untuk memaparkan sikap politis orang-orang dan kelompok yang menentang perjanjian dagang global dan lembaga-lembaga yang mengatur perdagangan antar negara seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).
 "Antiglobalisasi"  dianggap  oleh  sebagian  orang sebagai gerakan sosial, sementara yang lainnya  menganggapnya  sebagai  istilah  umum  yang  mencakup  sejumlah  gerakan sosial  yang  berbeda-beda.  Apapun  juga  maksudnya,  para  peserta  dipersatukan  dalam perlawanan  terhadap  ekonomi  dan  sistem  perdagangan  global  saat  ini,  yang  menurut mereka  mengikis  lingkungan  hidup,  hak-hak  buruh,  kedaulatan  nasional,  dunia  ketiga,  dan banyak  lagi  penyebab-penyebab  lainnya.  Namun,  orang-orang  yang  dicap  "antiglobalisasi" sering menolak istilah itu, dan mereka lebih suka menyebut diri mereka sebagai Gerakan Keadilan  Global,  Gerakan  dari  Semua  Gerakan  atau  sejumlah  istilah  lainnya.

Dampak  Positif  Globalisasi  Ekonomi

  • Produksi  global  dapat  ditingkatkan
       Pandangan  ini  sesuai  dengan  teori  'Keuntungan  Komparatif'  dari  David  Ricardo. Melalui  spesialisasi  dan  perdagangan  faktor-faktor  produksi  dunia  dapat  digunakan  dengan lebih efesien, output dunia bertambah dan masyarakat akan memperoleh keuntungan dari spesialisasi  dan  perdagangan  dalam  bentuk  pendapatan  yang  meningkat,  yang  selanjutnya dapat  meningkatkan  pembelanjaan  dan  tabungan.
  • Meningkatkan  kemakmuran  masyarakat  dalam  suatu  negara
  Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat dari berbagai negara mengimpor  lebih  banyak  barang  dari  luar  negeri.  Hal  ini  menyebabkan  konsumen mempunyai pilihan barang yang lebih banyak. Selain itu, konsumen juga dapat menikmati barang  yang  lebih  baik  dengan  harga  yang  lebih  rendah.
  • Meluaskan  pasar  untuk  produk  dalam  negeri
 Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar  yang  jauh  lebih  luas  dari  pasar  dalam  negeri.
  • Dapat  memperoleh  lebih  banyak  modal  dan  teknologi  yang  lebih  baik
 Modal  dapat  diperoleh  dari  investasi  asing  dan  terutama  dinikmati  oleh  negara-negara  berkembang  karena  masalah  kekurangan  modal  dan  tenaga  ahli  serta  tenaga terdidik  yang  berpengalaman  kebanyakan  dihadapi  oleh  negara-negara  berkembang.

Dampak  Negatif  Globalisasi  Ekonomi

  • Menghambat  pertumbuhan  sektor  industri
 Salah  satu  efek  dari  globalisasi  adalah  perkembangan  sistem  perdagangan  luar negeri  yang  lebih  bebas.  Perkembangan  ini  menyebabkan  negara-negara  berkembang  tidak dapat  lagi  menggunakan  tarif  yang  tingi  untuk  memberikan  proteksi  kepada  industri  yang baru  berkembang  (infant  industry).  Dengan  demikian,  perdagangan  luar  negeri  yang  lebih bebas menimbulkan hambatan kepada negara berkembang untuk memajukan sektor industri domestik  yang  lebih  cepat.  Selain  itu,  ketergantungan  kepada  industri-industri  yang dimiliki  perusahaan  multinasional  semakin  meningkat.
  • Memperburuk  neraca  pembayaran
 Globalisasi cenderung menaikkan barang-barang impor. Sebaliknya, apabila suatu negara  tidak  mampu  bersaing,  maka  ekspor  tidak  berkembang.  Keadaan  ini  dapat memperburuk  kondisi  neraca  pembayaran.  Efek  buruk  lain  dari  globaliassi  terhadap  neraca pembayaran  adalah  pembayaran  neto  pendapatan  faktor  produksi  dari  luar  negeri cenderung mengalami defisit. Investasi asing yang bertambah banyak menyebabkan aliran pembayaran keuntungan (pendapatan) investasi ke luar negeri semakin meningkat. Tidak berkembangnya  ekspor  dapat  berakibat  buruk  terhadap  neraca  pembayaran.


  • Sektor keuangan semakin tidak stabil
Salah  satu  efek  penting  dari  globalisasi  adalah  pengaliran  investasi  (modal)  portofolio yang  semakin  besar.  Investasi  ini  terutama  meliputi  partisipasi  dana  luar  negeri  ke  pasar saham. Ketika pasar saham sedang meningkat, dana ini akan mengalir masuk, neraca pembayaran  bertambah  bak  dan  nilai  uang  akan  bertambah  baik.  Sebaliknya,  ketika  harga-harga  saham  di  pasar  saham  menurun,  dana  dalam  negeri  akan  mengalir  ke  luar  negeri, neraca  pembayaran  cenderung  menjadi  bertambah  buruk  dan  nilai  mata  uang  domestik merosot. Ketidakstabilan di sektor keuangan ini dapat menimbulkan efek buruk kepada kestabilan  kegiatan  ekonomi  secara  keseluruhan.
.

Globalisasi kebudayaan

Sub-kebudayaan  Punk,  adalah  contoh  sebuah  kebudayaan  yang  berkembang  secara  global.
 Globalisasi memengaruhi hampir semua aspek yang ada di masyarakat, termasuk diantaranya  aspek  budaya.  Kebudayaan  dapat  diartikan  sebagai  nilai-nilai  (values)  yang dianut  oleh  masyarakat  ataupun  persepsi  yang  dimiliki  oleh  warga  masyarakat  terhadap berbagai hal. Baik nilai-nilai maupun persepsi berkaitan dengan aspek-aspek kejiwaan/psikologis,  yaitu  apa  yang  terdapat  dalam  alam  pikiran.  Aspek-aspek  kejiwaan  ini  menjadi  penting artinya  apabila  disadari,  bahwa  tingkah laku seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam alam pikiran orang yang bersangkutan. Sebagai salah satu hasil pemikiran dan penemuan seseorang adalah kesenian, yang merupakan subsistem dari kebudayaan.
 Globalisasi  sebagai  sebuah  gejala  tersebarnya  nilai-nilai  dan budaya tertentu keseluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau world culture) telah terlihat semenjak lama. Cikal bakal dari persebaran budaya dunia ini dapat ditelusuri dari perjalanan para penjelajah Eropa Barat ke berbagai tempat di dunia ini ( Lucian W. Pye, 1966 ).
 Namun,  perkembangan  globalisasi  kebudayaan  secara  intensif  terjadi  pada  awal  ke-20 dengan  berkembangnya  teknologi  komunikasi.  Kontak  melalui  media  menggantikan kontak fisik sebagai sarana utama komunikasi antar bangsa. Perubahan tersebut menjadikan komunikasi antar bangsa lebih mudah dilakukan, hal ini menyebabkan semakin cepatnya perkembangan  globalisasi  kebudayaan.

Dampak  globalisasi

Dampak  positif  globalisasi  antara  lain:
  • Mudah  memperoleh  informasi  dan  ilmu  pengetahuan
  • Mudah  melakukan  komunikasi
  • Cepat  dalam  bepergian  (mobilitas  tinggi)
  • Menumbuhkan  sikap  kosmopolitan  dan  toleran
  • Memacu  untuk  meningkatkan  kualitas  diri
  • Mudah  memenuhi  kebutuhan
  • Membuat  sikap  terbuka,  berpikiran  luas
Dampak  negatif  globalisasi  antara  lain:
  • Informasi  yang  tidak  tersaring
  • Perilaku  konsumtif
  • Ketergantungan  dengan  teknologi
  • Pemborosan  pengeluaran  dan  meniru  perilaku  yang  buruk
  • Mudah  terpengaruh  oleh  hal  yang  tidak  sesuai  dengan  kebiasaan  atau  kebudayaan suatu  negara

KESIMPULAN
Negara  adalah  suatu  wilayah  di  permukaan  bumi  yang  kekuasaannya  baik  politik, militer,  ekonomi,  sosial  maupun  budayanya  diatur  oleh  pemerintahan  yang  berada  di wilayah  tersebut.  Negara  juga  merupakan  suatu  wilayah  yang  memiliki  suatu  sistem  atau  aturan  yang  berlaku  bagi  semua  individu  di wilayah  tersebut,  dan  berdiri  secara  independent.
Globalisasi  belum  memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar  definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya.  Ada  yang  memandangnya  sebagai  suatu  proses  sosial,  atau  proses  sejarah, atau  proses  alamiah  yang  akan  membawa  seluruh  bangsa  dan  negara  di  dunia  makin terikat  satu  sama  lain,  mewujudkan  satu  tatanan  kehidupan  baru  atau  kesatuan  ko-eksistensi  dengan  menyingkirkan  batas-batas  geografis,  ekonomi  dan  budaya  masyarakat.


DAFTAR PUSTAKA
-  Soehino, S.H., Ilmu Negara, cet. VI, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2004
-  Kansil, C.S.T. Cristine S.T. Kansil, Ilmu Negara (Umum dan Indonesia), cet. I, Jakarta: PT
   Pertja,2001


No comments:

Post a Comment